Mengapa Job Description itu Penting?

Setelah menerima bonus dan THR, ada tren di lingkungan profesional untuk pindah ke perusahaan lain bahkan ke kompetitor. Pindah perusahaan tentu hal yang wajar, tetapi sebelum tanda tangan kontrak, pastikan job description yang akan kerjakan sudah ada dan jelas!

Job description adalah penjelasan mengenai tugas yang harus dilakukan. Semakin jelas job description yang diberikan akan mempermudah dalam melakukan job tersebut. Job description atau diskripsi pekerjaan merupakan sebuah pernyataan yang bentuknya tertulis mengenai sebuah gambaran apa yang harus dilakukan dalam tugas tersebut biasanya berkaitan dalam bidang lain dari sebuah perusahaan sehingga perlumembuat job description secara jelas. Membuat job description ibarat membuat sebuah peta bagi perusahaan yang kaitannya dengan sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Peta yang menentukan kemana harus melangkah, apa tujuan yang akan dicapai, apa yang harus digunakan, berapa kecepatan yang harus ditempuh dan lain-lain.

Job description secara jelas menyangkut mengenai penjelasan menggenai sebuah jabatan tertentu, tugas-tugas yang akan dijalankan, tanggung jawab apa saja yang harus emban, wewenangnya, dan hak serta kewajibanya.

Manfaat dari job description untuk sebuah perusahaan yaitu:

  1. Bagi seorang pemimpin, adanya job description yang dibuat untuk: pertama, mengoptimalkan kerja dari bawahan sehingga bawahan akan bekerja sesuai dengan apa tugasnya dengan tidak membuang-buang waktu atau tenaga, kedua sebagai tempat untuk pemimpin melakukan tugasnya memimpin serta memberikan semangat motivasi pada bawahannya (mejalankan job description sendiri).
  2. Bagi karyawan tersebut, job description sangat membantu sebagai pedoman dan pegangan dalam menjalankan tugasnya serta memberikan pemahaman mengenai apa yang harus ia lakukan untuk ikut mencapai tujuan dari perusahaan, dengan job description ini seseorang bahkan terbantu dalam urusan bergaul dengan sesama rekan kerja.
  3. Bagi HRD (human resources departement), akan sangat terbantu dengan membuat job description ini karena mereka jadi mengetahui apa saja kualifikasi yang dibutuhkan untuk job yang membutuhkan orang baru,’
  4. Tenaga pelatih atau trainer, dengan adanya job description seorang pelatih akan mengetahui apa saja yang harus dia latih pada karyawan baru agar bisa bekerja sesuai dengan bidangnya.
  5. Perencana dan pengembang perusahaan (organization development) akan membutuhkan job description sebagai materi untuk membuat perencanaan ke depan yang membutuhkan tingkat pemahaman dari tiap-tiap jabatan.

Job description memang sangat penting bagi sebuah perusahaan karena menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari arah mata angin tujuan perusahaan dan menjadi sebuah rujukan agar tidak adanya penafsiran ganda pada pengertian tugas yang akan dibebankan. Sebagai bagian yang penting maka job description harus dibuat baik mungkin oleh manager yang bersangkutan dengan bekerja sama dengan pihak HRD agar dapat tercipta job description yang baik.

So, sudah tahu job description mu? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *